Jumat, 20 Mei 2011

Memperbaiki CD/DVD Rom Drive

Pernah mengalami masalah dengan CD Rom drive ?  Biasanya  masalah yang timbul adalah susah mengenali dan membaca setiap CD yang kita masukkan. Berbagai cara dicoba, mulai dengan membersihkan CD dengan alkohol, memasukkan CD pembersih (CD yang di permukaannya terdapat sikat, yang di labelnya tertulis untuk membersihkan optik) yang jangankan membersihkan — CDnya sendiri pada akhirnya malah tidak dikenali  , dan nekat membongkar CD drive tersebut untuk dibersihkan optiknya memakai cotton bud dan alkohol seperti yang sering kita baca di tabloid komputer. Berbagai perlakuan tadi ternyata hasilnya nihil.


Karena memang benar-benar sudah rusak, boleh deh kita pakai sebagai bahan percobaan hehehe, coba amati ternyata pada modul optik di dalam drive tersebut ada semacam potensiometer kecil (trimmer potentiometer) yang menempel pada flexicable yang warnanya coklat.dan kelihatnnya ini yang membuat drive ini tidak berfungsi.Kalau dilogika, sejalan dengan umur maka drive tersebut akan berkurang kekuatan optiknya untuk memproduksi sinar laser untuk dipantulkan ke CD dan dibaca oleh optik ini.

Maka mulailah mencoba-coba mengaturnya dengan memutar kekanan kira-kira 10 derajat. Setelah itu kita coba memasangnya dan memasukkan CD yang dulunya drive ini tidak bisa membaca. Kalau berhasil maka akan bisa membuka windows explorer dan membaca struktur direktori yang terdapat pada CD meskipun biasanya belum bisa digunakan untuk melihat isinya maupun mengkopi. Cobalah bebrapa kali lagi.  Yakinlah bahwa setelah trial and error beberapa kali akhirnya drive tersebut akan benar-benar bisa digunakan seperti sediakala tanpa tersendat-sendat. Anda harus yakin.
Nah, semoga tips ini bisa membantu kita semua belajar memperbaiki CD drive.
Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar: