Kamis, 02 Juni 2011

Pertolongan Pertama Pada Komputer Sering Restart

Hai..jumpa lagi dengan saya Ananta,

Kali ini kita akan coba bahas untuk yang ke sekian kalinya, mengenai cara mengatasi komputer yang restart melulu. Khusu pembahasan kali ini adalah jika komputer mengalami restart tidak lama setelah komputer dihidupkan.

Bahkan tak jarang permasalahannya timbul begitu start up dan mulai masuk windows, lalu langsung restart. Begitu berulang-ulang.
Nah ini urutan yang harus dilalui untuk memastikan sebelah mana sumber errornya. Tapi sebelumnya, demi keamanan sebaiknya kabel power yang menancap di hard disk dilepas dulu, sekalian kabel datanya juga dilepas. Oke langsung aja...
  1. Buka prosessor fan (kipas prosesor), dan beri pasta atau kalo nda ada kasih pasta gigi juga boleh. pasta     giginya yang warna putih itu yaa. Dan dioleskan merata dikedua permukaan, yaitu di prosesornya, dan dibawah kipasnya. Di situ sudah ada bekas pasta yg mengering, jadi tinggal ditumpuki aja.
  2.  Setelah diolesi pasta, pasang kembali kipasnya, dan hidupkan komputer, lihat hasilnya.
  3. Kalau masih restart, sekarang cek memori atau RAM. Cabut, bersihkan dan pasang lagi di slot yang sebelahnya. Coba hidupkan komputer. Kalau belum sembuh, coba ganti RAM yang lain.
  4. Setelah RAM, kita beranjak ke Card-card yang lain satu per satu. Dilepas, atau diganti, dan hidupkan komputer. Termasuk sound card, Lan card, dll.
  5. Jangan lupa, setelah melakukan satu perubahan, coba hidupkan komputer untuk mengetahui hasilnya.
  6. Dan yang terakhir, setelah semua dilalui, yaitu cek Power Supply. Atau langsung saja diganti dengan Power supply cadangan.
Nah itulah langkah2 yg musti ditempuh. Bisa jadi komputer anda sudah baik pada langkah pertama, atau kedua. Jadi bukan berarti harus mengecek semua hardware. Pada intinya restart disebabkan karena panas berlebih, kerusakan hardware, juga ada kemungkinan karena virus.
Semoga sedikit tips ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba....

Tidak ada komentar: