Jumat, 01 Juli 2011

Satu lagi cara mengatasi komputer tiba-tiba mati

Hai, ketemu lagi dengan Didik Ananta, dan kali ini kita akan membahas satu masalah yang sangat sering terjadi pada komputer, terutama yang sudah lama dipake. Yaitu komputer tiba2 mati mati nda mau nyala monitornya, tapi CPU hidup. Padahal kemarin baik-baik saja dan tidak ada masalah. Jika ini terjadi kemungkinan aliran listrik tidak bisa masuk ke RAM/Memory. Jika kasusnya seperti ini coba lakukan langkah berikut :

1.Matikan semua power listrik yang menancap di komputer.
2.Cabut RAM / Memory dari slotnya.

3.Bersihkan debu-debu halus dan kotoran yang menempel di sekitar RAM, terutama di sisi kuningan yang terdapat di bawah RAM yang menempel di slot ( lihat pada gambar ) menggunakan karet penghapus pinsil.

4.Bersihkan juga slot RAM yang akan digunakan.
5.Jika sudah sekiranya bersih dan debu-debunya sudah hilang silahkan pasang lagi RAM tersebut ketempat slot semula pada komputer.
6.Jangan lupa juga, jika komputer anda berdebu, bersihkan debu-debu tersebut sampai bersih karena debu-debu tersebut bisa menempel kembali ke perangkat komputer lainnya yang mengakibatkan penyumbatan aliran listrik yang dibutuhkan oleh perangkat tersebut tersumbat sehingga mengakibatkan komputer tidak menyala.
7.Jika komputer anda sudah bersih benar, silahkan pasang power listrik kembali ke komputer, kemudian    nyalakan.

Yang perlu diperhatikan kasus ini sering terjadi jika PC sudah sekian lama dipake dan daleman komputer anda kotor penuh dengan debu.

Tidak ada komentar: